|
Model 3D Texturing Dengan UV Dipetakan Template Dengan Photoshop
Allen Harkleroad Kebanyakan jika tidak semua software 3D model pemetaan UV dapat membuat template tekstur untuk model. Saya menggunakan UVmapper untuk model pemetaan UV dan menciptakan tekstur template.
Dalam pemetaan UV saya sebelumnya dengan UVmapper tutorial I UV
dipetakan model meriam tua, sehingga dalam tutorial ini kita akan pergi
melalui proses texturing meriam tua di Photoshop.
Anda dapat menggunakan aplikasi editing gambar, lebih baik aplikasi
yang memiliki gambar lapisan dan memungkinkan menyesuaikan dari satu
pilihan (seperti invert dan memperluas seleksi).
Pada gambar pertama yang Anda akan melihat tekstur template yang saya buat untuk meriam (melihat tutorial UVmapper sini).
Dalam Photoshop saya mengklik layer background (layer awal yang
menampilkan template tekstur) dan menyentuhnya dengan alat seleksi.
Setelah area putih (pastikan Anda menambahkan seleksi untuk bagian
dalam lingkaran juga (tahan tombol Shift saat menambahkan ke pilihan
atau tombol ALT ketika bergerak pilihan tambahan).
Dari menu Select, saya memilih "Invert" dan kemudian pada menu pilihan
saya memilih "Modify"> kemudian "Perluas" dan mengatur ekspansi
seleksi untuk 10 piksel. Hal ini akan memungkinkan tekstur saya terakhir untuk memiliki sedikit tumpang tindih luar daerah masing-masing. Ini akan membuat lebih mudah untuk menambahkan lapisan tekstur lain yang tidak akan mempengaruhi daerah lain.
Hal ini juga memungkinkan cakupan yang lengkap dari daerah tekstur
(Anda tidak akan mewarnai sekitar apapun kecuali dalam kasus yang
jarang).
Jika Anda melihat pada gambar di bawah "semut maching" seleksi garis
memiliki lebih banyak ruang di sekitar daerah yang dipilih. Kita akan menggunakan pilihan di atas setelah kita membuat tekstur pertama lebih besar.
Item pertama saya akan tekstur adalah laras meriam dan bagian lain yang saya ingin memiliki tekstur yang sama. Tekstur besi yang saya pilih ini mulus, tapi terlalu kecil untuk menutupi banyak daerah dalam template. Template dalam contoh ini adalah 4096x4096. Karena tekstur adalah 100% mulus saya akan cepat membuatnya lebih besar.
Dalam "Gambar" menu saya memilih "Canvas Size" dan mengubah lebar dan
tinggi untuk kedua menjadi 2.048 dan saya klik pojok kiri Jangkar opsi
atas sehingga ketika kanvas berubah tekstur awal adalah di sudut kiri
atas.
Setelah kanvas diubah ukurannya, saya pastikan "Snap" dihidupkan di bawah menu "View".
Lalu aku menekan tombol CTRL + A untuk memilih semua (Anda dapat
melakukannya di bawah Pilih menu juga) dan tombol CTRL + C untuk
menyalin tekstur kecil.
Saya kemudian paste (tombol CTRL + V) tekstur kecil dan drag sesuai dengan tekstur pertama.
Dengan sekejap itu harus berbaris dengan baik, namun Anda tidak perlu
khawatir jika ada tumpang tindih kecil pada saat ini seperti yang kita
akan "" memperbaiki "itu ketika kita memiliki kolom penuh.
Saya ulangi langkah awal sampai kolom penuh.
Jangan khawatir jika Anda memiliki ruang ekstra di bagian bawah atau
sisi kanan memperbesar tekstur mulus, Anda mungkin atau mungkin tidak
memiliki ruang ekstra tergantung pada DPI tekstur dan dimensi kanvas
memperbesar.
Setelah saya memiliki kolom yang saya inginkan, saya kemudian memilih semua lapisan yang terdiri dari kolom. Saya kemudian Pusat Sejajarkan Colum.
Jika tampak bahwa ada tumpang tindih kecil dari tekstur disisipkan Anda
dapat menggunakan opsi pusat jarak dan mereka lapisan kemudian harus
bersih snap menjadi tidak ada kolom tumpang tindih.
Setelah mereka berbaris dengan benar Saya kemudian menggabungkan semua
tekstur yang membentuk kolom jadi saya memiliki satu lapisan tunggal
yang sekarang adalah kolom.
Selanjutnya saya pilih Kolom (CTRL + A tombol untuk menyalin kemudian
CTRL + C untuk copy) dan paste kolom baru, saya kemudian menyelaraskan
Colum di sisi atas dan kiri. Anda dapat menggunakan tombol panah pada keyboard untuk menyenggol kolom paste. Saya terus masa lalu dan berbaris kolom.
Setelah saya memiliki semua tempat kolom saya kemudian pilih semua
lapisan kolom dan memilih menyelaraskan atas dan kemudian pilih
"mendistribusikan pusat horisontal" sehingga mereka tidak tumpang
tindih. Setelah semuanya benar berbaris Saya kemudian menggabungkan semua lapisan kolom ke dalam satu lapisan.
Setelah lapisan digabung Saya kemudian memotong tekstur yang lebih
besar untuk menghilangkan area tekstur non (area kanvas kosong).
Setelah tekstur siap saya pilih (CTRL + A) dan copy (CTRL + C) tekstur.
Saya kemudian melakukan seleksi area putih utama di sekitar (dan dalam
lingkaran) dan membalikkan kemudian memodifikasi seleksi dengan
memperluas 10 piksel (melihat awal dari tutorial ini).
Setelah seleksi terbalik dan diperluas dari "Gambar" menu saya memilih
"Tempel Khusus" lalu "Paste Ke", ini akan sisipkan tekstur ke slection
dan saya kemudian dapat bergerak di sekitar bagian dalam daerah terpilih
awal.
Karena tekstur tidak besar seperti template tekstur aku pindah tekstur di tempat atas wilayah meriam barel. Jika tekstur tumpang tindih ke daerah lain Anda dapat menggunakan alat penghapus untuk membersihkan lapisan itu.
Dalam contoh di atas bagian dari frame meriam tertutup jadi saya "terhapus" daerah.
Saya kemudian disalin tekstur lagi, membuat pilihan saya / invert /
memodifikasi 10 piksel dan disisipkan ke dalam tekstur seleksi dan
pindah daerah bagian kecil dari tekstur.
Setelah paste Saya kemudian menggunakan alat penghapus untuk
membersihkan setiap daerah yang saya tidak ingin tekstur ini untuk
menutupi.
Pada titik ini saya memutuskan untuk menggunakan Doge dan membakar alat
untuk mengubah tampilan tekstur sedikit (terlalu terlihat kurang
seragam). Namun, Anda dapat men-tweak daerah tekstur setelah Anda selesai seluruh tekstur jika Anda inginkan.
Selanjutnya saya menemukan tekstur Saya ingin menggunakan untuk bingkai kayu meriam.
Untungnya tekstur ini sudah besar (3000x3000), jadi saya akan
menggunakannya sebagai adalah dan skala itu turun untuk bekerja dengan
baik (sehingga serat kayu proporsional dengan bingkai kayu dan bagian
lain) setelah saya tempel ke template tekstur.
Setelah saya dipilih, terbalik dan memperluas pilihan saya lagi "Paste
Ke" (image Menu> tempel khusus> pasta ke dalam) dan tarik tekstur
selama rentang daerah kayu.
Saya kemudian zoom hingga 100% sehingga saya lebih bisa melihat serat kayu di atas area bingkai. Seperti yang Anda lihat serat kayu terlalu besar dan terlihat tidak proporsional ke frame.
Jadi di bawah menu Image saya pilih "Transform" kemudian "skala" dan
tahan tombol SHIFT akan menyeret sudut tekstur sehingga akan menurunkan
tepat (bahkan skala).
Seperti yang Anda lihat serat kayu terlihat jauh lebih baik dan lebih
mirip kayu benda nyata (proporsional dengan bingkai kayu).
Saya kemudian pastikan layer tekstur kayu yang dipilih dan pilih semua
(CTRL + A) dan kemudian disalin (CTRL + C) karena saya akan menyisipkan
tekstur skala ini beberapa kali (Anda juga dapat memilih semua, kemudian
salin membuat gambar baru dan paste di untuk kemudian digunakan jika
Anda ingin). Setelah pindah tekstur skala ke suatu daerah. Saya kemudian melihat pada bagian siku dari frame.
Menggunakan pemilihan alat yang saya pilih semua area Template tekstur
putih, invert dan lagi memodifikasi 10 piksel, Lalu aku tempel di
tekstur kayu skala lagi menggunakan "Paste Ke". Tentu saja tekstur vertikal dan saya membutuhkannya sudut jadi aku pergi ke menu Image, kemudian mengubah dan mereka berputar.
Setelah Anda berada di transform tool, Anda bisa klik kanan di atas
mengubah daerah dan akses tambahan mengubah tool seperti rotate, warp
dll
CATATAN: Banyak kali saya akan membuat lapisan 50% transparan dan
menggunakan warp atau alat condong untuk lebih tepat menyesuaikan
tekstur, setelah saya selesai saya mengatur transparansi kembali ke
100%.
Setelah saya memiliki set tekstur untuk mengubah Saya kemudian
menggunakan rotate untuk menyelaraskan sisi kiri frame sehingga serat
kayu terlihat lebih alami.
Setelah saya memiliki sisi kiri posisi tekstur bingkai bertekstur saya
lagi pilih semua area putih, invert, memperluas 10 piksel dan "Paste
Ke".
Dalam rangka untuk menutupi sisi kanan frame benar saya (wit layer
tekstur yang baru disisipkan dipilih), aku kembali ke menu Image,
kemudian mengubah. Setelah mengubah tekstur pilihan muncul saya klik kanan (atau dari menu transform) saya memilih "Flip Horizontal".
Ini akan membuat sudut tekstur kebalikan dari yang pertama dan saya
bisa memindahkan atau menyenggol tekstur terbalik sisi kanan bingkai
meriam.
Seperti yang Anda lihat kedua sisi kiri dan kanan bingkai meriam memiliki tekstur serat kayu miring yang sama.
Saya kemudian kembali ke layer tekstur kayu pertama (atau menyalin
gambar yang dibuat dari tekstur setelah scaling) dan salin (pilih layer,
CTRL + A dan CTRL + C)
Saya kemudian pergi melalui seleksi, invert, memodifikasi / memperluas
10 piksel dan paste tekstur kayu ke seleksi dan mencakup lebih dari
frame meriam.
Selanjutnya saya memilih tekstur kayu untuk roda dan jari-jari.
Melakukan metode yang sama yang sama untuk skala tekstur kayu
sebelumnya saya skala tekstur menjadi proporsional ke roda dan pergi
melalui proses memilih, pembalik, memodifikasi seleksi dan pf saja
"Paste Ke" pilihan.
Tergantung pada preferensi Anda, Anda mungkin ingin menggabungkan
lapisan (seperti lapisan tekstur bingkai, lapisan logam besi dan lapisan
roda).
Saya lebih memilih untuk tetap lapisan saya independen satu sama lain
untuk saya bisa men-tweak atau memindahkan satu area tanpa mempengaruhi
daerah lain.
Kadang-kadang template tekstur rumit besar dapat membingungkan.
Jika saya mendapatkan sedikit hilang saya jalankan UVmapper dan pilih
polygins sampai aku "melihat" apa yang terjadi dengan apa dan adjkust
tekstur saya sesuai jika saya memiliki salah bertekstur sesuatu.
Setelah menyimpan file Photoshop saya ekspor sebagai file JPG (atau apa
pun yang Anda inginkan untuk tekstur), Di bawah ini adalah UV akhir
dipetakan dan meriam tua bertekstur diberikan di Cinema4D.
Sehingga Anda dapat melihat model texturing dari peta UV template tidak
semua yang sulit dan setiap orang benar-benar bisa melakukannya. Ini tidak mengambil beberapa kesabaran, tetapi pada akhirnya kesabaran Anda akan terbayar. |
No comments:
Post a Comment